Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan
Kunci Jawaban #2 - Hallo sahabat Tinta Network, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan
Kunci Jawaban #2, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Soal USBN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan Kunci Jawaban #2
link : Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan Kunci Jawaban #2
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan Kunci Jawaban #2 dengan alamat link https://tintanetwork.blogspot.com/2019/04/contoh-soal-usbn-bahasa-indonesia-smp_14.html?hl=ar
Judul : Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan Kunci Jawaban #2
link : Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan Kunci Jawaban #2
Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan Kunci Jawaban #2
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020. IndoINT.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2019. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 yang akan mengikuti ujian sekolah berbasis nasional (USBN). Selamat belajar dan semoga sukses.
1. Cermatilah kutipan fabel berikut!
"Semua sudah hadir. peserta di mohon untuk bersiap." kata sang Gagak yang kali ini bertugas sebagai wasit pertandingan. Dengan sigap Kelinci muncul dari balik tenda. Ia berjalan lincah, melompat ke sana - ke mari menunjukkan kegesitannya dalam berlari. Sang Kelinci berdiri di samping kura-kura.
Makna kata sigap yang terdapat pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. kuat
B. hebat
C. tangkas
D. rajin
www.IndoINT.com
2. Perhatikan petikan cerpen berikut!
Di luar sudah gelap. Matahari sepenuhnya tenggelam. Ketika sedang asyiknya aku membaca buku "Dunia di Ambang Kepunahan" tulisan Antony Milne di bawah cahaya lampu kereta yang remang-remang. Tiba-tiba aku dikejutkan oleh suara orang menyanyi diiringi gitar dari depan pintu gerbong. Kami semua menoleh ke sumber suara itu. Tiga orang pemuda berpakaian rapi dengan penuh simpatik menyanyikan lagu Koes Plus: Ke Jakarta aku kan kembali, walaupun apa yang kan terjadi ....
Latar waktu kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. pagi
B. siang
C. sore
D. malam
3. Bacalah teks berikut ini!
"Diam kau, Merpati. Heh, kau kira kau dapat membujukku. Tidak akan, aku tidak akan dapat kau bujuk, apalagi kau perdayai. Heh, heh, heh."
"Paman Serigala, alangkah baiknya Paman sadar sekarang. Kita sesama penghuni hutn harus saling menolong, bukan begitu?"
Tujuanmu berkata seperti itu agar aku makan buah-buahan dan rerumputan, bukan?"
"Tetapi... Paman, di belakangmu ada ..."
Ada apa, pemburu? Itu yang mau kau katakan, bukan?"
"Benar, Paman, Lekaslah Paman lari, Lekas!"
"Heh, heh, heh, itu tipuan kuno Merpati. Kali ini aku tidak akan terjebak olehmu. heh, heh, ada pemburu."
Nilai moral dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
A. hargailah orang lain yang sedang berbicara
B. persahabatan memberikan kebahagiaan hidup
C. kembangkan sikap kesetiakawanan antarteman
D. sesama makhluk hidup harus tolong menolong
4. Bacalah kutipan teks berikut!
"Besok kamu bersama ayahmu ke sekolah, bilang mau masuk lagi!"
"Ayah tidak punya uang. Jika tamat SD pun, tak bisa juga masuk SMP."
"Di Indonesia kan sekolah gratis?"
"Uang bemo, seragam, buku, bekal ke kantin, tak ada."
"Saya beri untuk seragam dan buku, juga bekal setiap hari, sampai kamu SMP."
Kayan pun tamat SD dan masuk SMP. Selain diberi uang bemo dan bekal sekolah setiap hari, oleh Mario ia dibelikan seekor bibit sapi betina. Setelah besar, sapi itu tentu kan dikawinkan. Punya anak dan anak sapi bisa dijual untuk biaya sekolah sampai Kayan mewujudkan cita-cita menjadi pakar lingkungan laut.
Akibat konflik yang ditimbulkan dalam cerpen tersebut adalah ....
A. Tokoh Mario memberikan uang bemo, dan bekal sekolah kepada tojoh Kayan hingga tamat SD dan masuk SMP.
B. Tokoh Kayan memberi bibit sapi betina kepada tokoh Mario agar nantinya anak sapi bisa dijual untuk biaya sekolah.
C. Tokoh Kayan terpaksa berhenti sekolah karena tidak memiliki biaya untuk memenuhi kebutuhan sekolah sehari-hari.
D. Tokoh Mario melanjutkan sekolah hingga tamat SD dan masuk SMP berkat bantuan biaya dari tokoh Kayan
5. Bacalah teks berikut!
1) Meskipun kocak, nilai-nilai kehidupan disisipkan penulis secara eksplisit dalam berbagai cerpennya. 2) Misalnya pada cerpen "Jendela", penulis mengungkapkan bahwa seberapa besar masalah harus tetap kita hadapi. 3) Selain itu, gaya bahasa pada kumpulan cerpen sangat segar dan sesuai dengan sasaran pembaca. 4) Namun, beberapa bahasa yang terkesan kurang santun dan tidak pantas digunakan.
Kalimat yang menyatakan kelemahan buku pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)
6. Cermati kutipan tabel berikut!
Harimau, kerbau, dan gajah mulai dari pagi sampai sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap hewan lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis makanan dikumpulkan, mulai dari buah-buahan sampai hewan-hewan hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung banyaknya makanan dan membagi tiga dengan adil. Sang harimau merasa tidak adil dan marah, akhirnya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu, harimau menunjuk gajah membagi makanannya. Karena harimau masih merasa kurang, ia juga menerkam gajah. Harimau tersebut serakah karena merasa kekurangan makanan.
Keunggulan kutipan teks fabel tersebut adalah ....
A. Konflik antara ketiga hewan sangat didramatisasi
B. Pesan cerita menarik dan disampaikan secara tersirat dan jelas
C. Pengenalan tokoh diungkapkan dengan sangat detail
D. Penyelesaian cerita bahagia digambarkan dengan lugas
7. Bacalah teks berikut!
Penyakit adalah hal yang paling ditakuti oleh pembudi daya lele. Penyakit menjadi faktor utama penyebab kematian lele dan kegagalan panen. Kemunculan penyakit pada lele disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya air yang kotor atau jarang diganti. [...] pakan berlebih, benih yang sakit sejak dibeli, fasilitas budidaya yang tercemar penyakit, dan kesalahan penanganan.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. penebaran
B. penanganan
C. penyaluran
D. pemerian
8. Cermati teks berikut!
Pantai Nembrala adalah sebuah pantai dengan [...] indah dan belum tercemar. Pasir, ombak, dan birunya air laut terhampar di lokasi ini. Hal ini membuat para [...] dalam dan luar negeri berkunjung ke sini. Pantai ini terdapat di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. visualisasi, peneliti
B. panorama, wisatawan
C. pemandangan, pendatang
D. ekosistem, pelancong
9. Cermati teks berikut!
(1) Astrigen tersebut dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur.
(2) Selain astrigen, jambu biji juga mengandung vitamin A, Vitamin C, dan potassium
(3) Jambu biji mengandung astringen.
(4) Antioksidan akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit agar tetap sehat serta bebas dari keriput.
(5) Ketiga kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai antioksidan.
Susunan yang tepat teks tersebut di atas adalah ....
A. 3-1-2-5-4
B. 1-2-3-4-5
C. 4-2-5-3-1
D. 3-4-5-1-2
B. 1-3-4-2-5
10. Perhatikan teks berikut in!
Petunjuk membuat batik tulis:
(1) Mencelupkan kain yang sudah diberi lilin ke dalam pewarna.
(2) Menutupi bagian kain putih yang ditebalkan dengan lilin yang tidak akan diwarnai
(3) Melukis kembali dengan canting pada motif yang berwarnanya berbeda
(4) Setelah membuat pola batik, menebalkan motif menggunakan lilin yang dicairkan
(5) Menghilangkan lilin dengan mencelupkan kain yang sudah diberi warna berbeda
(6) Membuat pola batik pada kain putih sesuai yang diinginkan
(7) Tahap terakhir adalah mencuci batik dengan air bersih dan menjemurnya
Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat tersebut tersusun padu adalah ....
A. 2-3-1-5-6-4-7
B. 6-4-2-1-3-5-7
C. 6-7-1-5-2-3-4
D. 2-6-4-3-7-1-5
Kunci Jawaban:
- C
- D
- B
- A
- C
- B
- D
- B
- A
- B
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Demikianlah Artikel Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan Kunci Jawaban #2
Sekianlah artikel Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan
Kunci Jawaban #2 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Lengkap dengan Kunci Jawaban #2 dengan alamat link https://tintanetwork.blogspot.com/2019/04/contoh-soal-usbn-bahasa-indonesia-smp_14.html?hl=ar
إرسال تعليق